Sunday, August 23, 2015

Belajar dengan Mind Mapping

Mind mapping dapat kita dalam proses belajar. Mind mapping berarti suatu cara untuk me-visualisasi-kan suatu ide atau informasi. Cara ini mempermudah kita dalam menyusun ide tersebut secara terstruktur, memudahkan kita dalam menganalisis dan juga memahami informasi yang kita tuliskan.

Biasanya dimulai dari titik tengah diagram kemudian dihubungkan dengan cabang-cabang yang menjelaskan tiap-tiap topik berikutnya.

Sudah banyak yang buku,web, training-training yang menggunakan dan juga menjelaskan manfaat dan langkah-langkah membuat mind mapping ini. Seperti yang penulis kutip dari www.tonybuzan.com , disana menjelaskan 7 langkah untuk membuat mind map.

7 Langkah membuat MINDMAP


Mulailah dari TENGAH-TENGAH halaman


Memulai dari tengah-tengah halaman secara alami akan mempermudah otak kita, memberikan kebebasan dalam berkreasi , mengekspresikan apapun yang dipikirkan (BRAIN FREEDOM)

Gunakan Gambar pada ide utama


Penggunaan gambar yang berhubungan dengan ide yang kita tuliskan, membantu kita dalam mengeluarkan semua ide yang ingin kita tuliskan, me-explore ­imajinasi kita. Gambar di tengah-tengah halaman akan terlihat lebih menarik, membantu dalam fokus dan konsentrasi kita.

Gunakan warna-warna


Warna merangsang Otak kita seperti hal nya image dan gambar. Membuat mind map yang kita buat lebih hidup dan menarik. Akan terasa energi kreativitas yang kita tuangkan ke dalam mind map tersebut.

Hubungkan gambar yang menjadi ide pokok  tadi dengan cabang utama 


Hubungkan seterusnya dengan cabang-cabang kecil selanjutnya ke level-level ide dibawahnya.
Otak kita menyukai hal-hal yang dibuat saling berhubungan ,membuat kita lebih mudah untuk memahami dan mengingat banyak hal.

Bentuk melengkung dari cabang-cabang yang dibuat tadi ya...


Biar otak kita engga bosan dengan garis yang hanya luruuuuus saja...

Gunakan satu kata kunci per baris


Satu kata kunci (dua juga boleh, asal jangan satu paragraf aja.. ) membuat mind map yang kita buat terkesan lebih oke, memberikan efek lebih kuat dan fleksibilitas yang baik.

Gunakan gambar-gambar untuk menjelaskan ide-ide di level berikutnya


Efek yang sama seperti  saat kita memberikan gambar sebagai ide utama tadi. Istilahnya,  gambar bernilai sama dengan 1 000 kata-kata. Banyak hal yang bisa kita dapatkan hanya dari satu buah gambar. 

Demikian langkah-langkah pembuatan mindmap. Dapat dipraktekkan langsung dalam proses belajar siswa ataupun mengajar bagi guru.
Yang perlu dingat , kadang mind map yang sudah kita buat belum tentu dapat dipahami oleh orang lain yang membacanya. Lebih bersifat personal , karena ini murni ide dari kita sendiri, dan biasanya dengan melihat kembali mind map yang kita buat , kita akan lebih cepat memahami atau mengingat kembali isi-nya.

Selamat berkarya ...

No comments:

Post a Comment