Sunday, September 20, 2015

Agar Keseharian Sekolah Kamu Menyenangkan


"Duh , masuk sekolah lagi hari ini ... "
"Yaaaah , kirain masih libur hari ini ... "
"Ketemu lagi deh hari ini sama pelajaran ini , malesin ... "
#menghelanapaspanjang #nutupmata #garukgarukkepala #ngambilhanduk #masukkamarmandi #masihmerem

Mungkin masih ada diantara kamu yang melakukan ritual seperti yang diatas. Merasa berat untuk menjalani aktivitas sekolah setelah libur panjang , melewati akhir pekan yang menyenangkan dihari sebelumnya. Walaupun seharusnya , akhir pekan yang menyenangkan menjadi energi baru untuk kamu menjalani aktivitas di sekolah.

Bangun Pagi Lebih Awal

Selain bermanfaat bagi kesehatan , bangun pagi lebih awal  membuat kamu menjadi punya waktu lebih banyak untuk mempersiapkan kegiatan sekolah. Menyiapkan pakaian sendiri, buku-buku yang akan dibawa dan sebagainya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh profesor biologi di University of Education di heidelberg menemukan bahwa orang yang bangun lebih pagi memiliki energi yang lebih banyak.

Sarapan yang Bergizi


Kegiatan sarapan memperbaiki kadar gula yang menurun drastis semalaman selama kita tidur. Otak memerlukan asupan energi untuk berpikir dengan daya konsentrasi yang tetap baik. Sarapan merupakan bahan bakar otak agar permulaan kegiatan berjalan baik. Banyak penelitian yang telah menunjukan hasil positif bahwa sarapan dapat membantu konsentrasi dan kemampuan otak untuk berpikir.

Setting Mindset dan Goal


Sebuah mindset yang baik akan mempengaruhi seluruh aktivitas kita. Kamu akan lebih mengetahui apa yang baik untuk dijalani dan apa saja yang terbaik untuk perkembangan hidupmu. Setting GOAL yang tepat juga akan berdampak positif untuk aktivitas sekolahmu. Dengan mensetting tujuan, kegiatan disekolah akan berjalan lebih menyenangkan, karena kamu punya sesuatu yang ingin dicapai. Kemudian lakukan afirmasi , agar mindset dan goal-mu tadi terpogram ke dalam otak bawah sadar-mu.

Segera Selesaikan Tugas/PR

Segera kerjakan PR mu lebih awal. Selain untuk menghindari kebiasaan menunda, segera menyelesaikan tugas lebih awal dapat menghindari tugas kamu yang terlihat bertumpuk. Sehingga kamu akan merasa lebih punya waktu untuk kegiatan lainnya.Lakukan didalam kelompok belajar-mu agar mengerjakan tugas dapat menjadi lebih menyenangkan. Kecuali jika kamu merupakan tipe yang memerlukan keheningan untuk konsentrasi lebih.

Sediakan Waktu Untuk Bermain

Banyak studi yang menunjukkan manfaat bermain bagi anak. Untuk usia sekolah sepertimu , sediakan waktu bermain yang cukup. Bermain disini bermanfaat bagi perkembangan mental-mu di masa depan. Bermain dengan teman-teman mu akan meningkatkan skill sosial, kepribadian , pengendalian emosi , ,aspek motorik, wawasan dan sebagainya. Apapun jenis permainannya , asal dilakukan dengan kadar waktu yang wajar akan bermanfaat bagi perkembangan dirimu.

Pikirkan Hal yang Baik Sebelum Kamu Tidur

Pernah bermimpi buruk setelah menonton film-film horror sebelum tidur ? yak , karena otak bawah sadar kita masih merekam hal yang kita lakukan sebelumnya ke dalam pikiran kita 45 menit sebelum kita tidur.
Lakukan hal seperti membayangkan impian-mu , goal-mu besok hari, atau mungkin kembali bertemu dengan teman-temanmu besok hari saat disekolah, berbagi canda , bermain dan hal-hal baik lainnya.
Hal-hal tersebut akan terekam ke dalam otak bawah sadarmu dan akan meningkatkan produktivitas mu besok hari di sekolah. 

No comments:

Post a Comment