Saturday, September 19, 2015

AUDITORY LEARNER

Gaya belajar ini mengandalkan fungsi indera pendengaran secara optimal.

Jika teman-teman merupakan tipe pembelajar dengan gaya ini , perlu tahu juga apa aja sih kelebihan-kelebihan yang dimiliki dari tipe pembelajar ini. Sehingga teman-teman bisa menyusun strategi belajar yang tepat untuk memahami suatu materi di sekolah.

  1. Pembelajar tipe ini mudah ingat dengan apa yang didengar dan dikatakannya
  2. Mudah memahami petunjuk secara lisan
  3. Memahami informasi secara baik ketika mereka dengar
  4. Menyukai belajar kelompok / kelompok diskusi

Beberapa strategi ini dapat dilakukan agar proses belajar lebih optimal.
  1. Ucapkan dengan keras dan jelas ketika sedang belajar di kamar sendiri. Misalnya saat ingin menghafal suatu rumus, keterangan penjelasan dsb. Begitu pula saat membaca ulang catatan ketika menjelang ujian.
  2. Pembelajar tipe ini bisa memposisikan diri sebagai yang menerangkan. Misalnya : ajak saja seorang teman sebagai teman belajar dan memposisikan temannya sebagai siswa, dan kamu menerangkan. Kata orang ,belajar yang paling cepat adalah dengan cara mengajarkan  lho ...
  3. Kelompok belajar bisa jadi alternatif untuk point no 2. Ajaklah teman-temanmu yang mungkin memiliki tipe belajar yang sama untuk belajar berkelompok.
  4. Diiringi dengan musik saat belajar juga dapat membantu kamu untuk lebih fokus. Tapi usahakan pilihlah musik yang tidak membuat kita malah berfokus dengan lirik musiknya.
  5. Ketika sedang mencoba menghafal suatu bahan belajar, selain membaca dengan keras dan jelas tadi , cobalah disertai dengan ritme ritme tertentu. Miungkin dengan cara sedikit dinyayikan , dengan intonasi yang unik dan lainnya.
  6. Jika menulis catatan, usahakan serapih mungkin. Gunakan buku bergaris, atau buatlah kolom-kolom saat mengerjakan soal hitungan agar lebih akurat dan teliti.
  7. Saat dikelas , tanyakan ke guru kamu jika boleh memanfaatkan alat rekam suara. Rekaman tadi dapat didengarkan berulang kali ketika kamu ingin belajar ulang saat setelah selesai kelas ataupun mereview sebelum ujian.

No comments:

Post a Comment